25 September 2022

PEMKOT KENALKAN PRODUK UMKM DI AJANG RAKERNAS APEKSI

PEMKOT KENALKAN PRODUK UMKM DI AJANG RAKERNAS APEKSI

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Pemerintah Kota Bandarlampung menjadi salah satu peserta yang memeriahkan Rakernas Apeksi di kota Padang 7 hingga 10 Agustus 2022. Dalam kesempatan ini, Pemkot menjadikan moment Rakernas Apeksi ini sebagai ajang untuk mengenalkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kamis (11/8)

Rombongan yang dipimpin Walikota Bandarlampung Eva Dwiana itu, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari pembukaan, Seminar Dinas Lingkungan Hidup, Indonesia City Expo 2022, Pawai Budaya Nusantara, Beach Clean Up, Gowes hingga Lomba Marandang dan teh talua.

Dalam kegiatan tersebut berbagai isu nasional dibahas mulai dari sinergi dan kolaborasi menjaga pertumbuhan ekonomi dan surplus perdagangan, hingga kebijakan pemerintah pusat untuk menghapus tenaga honorer pada tahun 2023.

Baca Juga:   Nasabah KCP Sudirman Raih Grandprize Rp100 Juta Undian Panen Rejeki Simpeda Lokal Bank Lampung

Walikota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan, melalui rapat kerja nasional (Rakenas) XV asosiasi pemerintah kota seluruh indonesia (APEKSI) akan ada trobosan bersama dalam membangkitkan daerah.

“Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci dalam memajukan daerah, Bunda berharap akan ada
terobosan bersama, rekomendasi dalam memajukan daerah” ujarnya.

Setelah pembukaan Rakernas, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon durian di Kebun Buah Dinas Pertanian Kota Padang Sungai Lareh. Dalam kegiatan itu Bunda Eva  secara langsung menanam bibit pohon durian.

“Apeksi kali ini, Kita (Walikota) diminta membawa pohon durian untuk ditanam di Kebun Apeksi Padang, semoga pohon ini tumbuh subur dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang,” harapnya.

Baca Juga:   Lima Tanaman Herbal Penurun Kadar Asam Urat

Dihari kedua Apeksi XV, Walikota Bandarlampung Eva Dwiana mengikuti lomba Lomba Marandang dan teh talua antar Walikota se-Indonesia dalam kegiatan itu Kota Bandarlampung meraih juara tiga.

Menurut Eva Dwiana, randang atau rendang, sudah termasuk Warisan Budaya Dunia dari Sumatera Barat.

“Sebagai warga negara, kita harus ikut serta menjaga dan melestarikan warisan kuliner, melalui kegiatan seperti ini, kita sama-sama menjaga dan mempromosikan kuliner Nusantara” ajaknya.

Dalam mempromosikan hasil produksi UMKM, kota Bandarlampung ikut serta dalam
Indonesia City Expo (ICE) 2022, kegiatan itu menjadi momen dalam mempromosikan produk dan kerajinan khas Kota Bandarlampung di tingkat nasional.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengaku dirinya mengunjungi pameran ICE 2022 usai mengikuti Rakernas APEKSI 2022 di Kota Padang.

Baca Juga:   7 Tips Gaya Hidup Sehat Selama Kehamilan

“ICE 2022 yang merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan dan mengenalkan produk serta kerajinan khas dari Bandarlampung” katanya

Sementara, Kepala Dinas Koprasi dan UKM Kota Bandarlampung Riana Apriana mengatakan,
Kerajinan tangan dan produk khas yang ditampilkan di stan Kota Bandarlampung ICE 2022 diantaranya batik, tapis, tas, sulam usus, kopi, keripik pisang, ikan teri, cumi kering, dan lainnya.

“Ada ada delapan UMKM dan satu pengerajin dari Kota Bandarlampung yang ikut dalam kegiatan ICE 2022,” Tutup Riana Apriana. (Din/AA)

 551 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan