21 Oktober 2021

Pemohon SKCK Melonjak Drastis

Pemohon SKCK Melonjak Drastis

GEDONGTATAAN LAMPUNG SEGALOW – Pasca Idul Fitri 1439 Hijriah, pemohon surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Satuan Intelijen Keamanan (Sat-Intelkam) Polres Pesawaran meningkat drastis. Fenomena itu dinilai biasa karena selalu berulang setiap tahunnya.

“Ya, sering terjadi hal seperti ini  dan setiap tahun pasti membludak karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan SKCK untuk melamar pekerjaan di luar provinsi,” jelasnya Kasi Humas Polres Pesawaran Ipda Santi, didampingi Petugas Pelayanan Sidik Jari, Sat Intelkam Polres Pesawaran Bribda Frama Sella, Kamis (28/6/2018).

Baca Juga:   Herman HN Bagi-bagi Sembako di Gedung Satu Atap

Dijelaskan dia, selain para pencari kerja, pemohon pembuatan SKCK juga banyak dari warga yang mencalonkan sebagai legislatif. “Pada hari biasa, permintaan pembuatan SKCK sekitar 20 orang,  dan kali ini meningkat bisa mencapai 150 orang perhari, karena banyak yang mau bekerja di luar provinsi dan yang mau nyaleg,” terang dia.

Dikatakan dia, syarat yang dibutuhkan untuk pembuatan SKCK diantaranya melampirkan fotocopy KTP, KK, Akte, Foto 4×6 sebanyak lembar, sementara untuk TNI,  Polri,  Caleg, dan pemohon yang hendak keluar negeri, harus melampirkan rekomendasi dari desa.

Baca Juga:   10 Alasan Wanita Suka Pria yang Lebih Tua

Adi,  warga Padangcermin yang menjelaskan bahwa ia sengaja membuat SKCK untuk persyaratan melamar kerja di Jakarta.  “Karena di sana banyak lowongan,” ujar dia.(MH/PS/RF)

 

Tags: , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan