PEMPROV LAMPUNG DISTRIBUSIKAN VAKSIN PMK

PEMPROV LAMPUNG DISTRIBUSIKAN VAKSIN PMK

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku di Provinsi Lampung yang diadakan secara Hybrid bertempat di Ruang Command Center Lt II Gedung Diskominfotik Provinsi Lampung, Rabu (10/8).

Dalam rapat tersebut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si, menjelaskan mengenai langkah-langkah yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung dalam menangani Penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang hewan ternak.

Diantaranya Pemerintah telah melakukan rapat koordinasi baik itu secara daring maupun luring dengan Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah yang ada di daerah Kabupaten/Kota.

Baca Juga:   Mengintip Koleksi Tas Mewah Kylie Jenner dari Gucci hingga Hermes

Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Lampung juga telah mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Provinsi Lampung mengenai tindakan pencegahan PMK pada ternak serta aturan pengendalian lalu lintas hewan dan produk hewan yang ada di Provinsi Lampung.

“Pemerintah Provinsi Lampung juga telah Membentuk Tim Satgas PMK dan Unit Reaksi Cepat, Posko Pengendalian PMK dan Call Center PMK di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota, ” Kata Ir. Lili Mawarti, M.Si

Pemerintah Provinsi Lampung juga meminta kepada Menteri Pertanian agar Lampung mendapat alokasi dan prioritas Vaksin. Adapun Provinsi Lampung sendiri telah mendapatkan Alokasi Vaksin PMK sebanyak 138.000 dosis dalam tiga tahap pengiriman dari Kementrian Pertanian dan telah di distribusikan ke 15 Kabupaten/Kota.

Baca Juga:   Eva Dwiana Resmi Buka Pelatihan Management Kasus bagi Lembaga Layanan PPA

Selain itu, Pemerintah Provinsi Lampung juga sudah dan terus mendistribusikan obat-obatan, desinfektan dan sarana prasarana pengendalian PMK yang berasal dari berbagai stakeholder kepada pemilik ternak yang ada di Provinsi Lampung.

Selain pembahasan tersebut, rapat juga membahas situasi terkini penyebaran PMK di Provinsi Lampung, yang mana:

  1. Terdapat 91 ternak yang terjangkit PMK di Provinsi Lampung.
  2. Sebanyak 1530 Ternak berhasil sembuh dari PMK di Provinsi Lampung.
  3. Kematian ternak pada kasus PMK di Provinsi Lampung sebanyak 32 ekor.
  4. Telah dilakukan potong paksa pada 76 ternak yang terjangkit PMK di Provinsi Lampung.
  5. Serta sebanyak 103.307 telah berhasil dilakukan vaksinasi pada ternak yang ada di Provinsi Lampung.
Baca Juga:   ARINAL SERAHKAN ZAKAT LEWAT PEMBAYARAN DIGITAL KE BAZNAS

Hadir dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, serta Sekretaris BPBD Provinsi Lampung. (KL/Din/AA)

 957 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan