25 September 2022

PEMPROV LAMPUNG LUNCURKAN KPB AWARD

PEMPROV LAMPUNG LUNCURKAN KPB AWARD

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGSEGALOW.CO.ID – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Kartu Petani Berjaya (KPB) Award bertempat di Ruang Rapat Asisten II, Selasa (9/8).

Sebagai pengantar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi menyampaikan bahwa penghargaan Kartu Petani Berjaya (KPB) Award tahun 2022 ini akan diterima oleh 3 (tiga) Kategori, Kelompok Tani, Penyuluh serta Bupati/Walikota teraktif mendukung program Kartu Petani Berjaya. 

Dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai kriteria yang dinilai dalam Kartu Petani Berjaya (KPB) Award pada setiap kategori.

Dalam kategori kelompok tani, penilaian yang dilakukan adalah bagaimana keaktifan serta kehandalan kelompok tani dalam mengimplementasikan penggunaan aplikasi Kartu Petani Berjaya (KPB) di akunnya. 

Baca Juga:   Anggota DPRD Lampung Sosperda Nomor 3 Tahun 2020

Selanjutnya, dalam kelompok penyuluh penilaian akan dilakukan berdasarkan keaktifan penyuluh dalam memberikan penyuluhan mengenai KPB serta presentase presentase keanggotaan KPB di wilayah kerjanya. 

Lalu, dalam kategori Bupati/Walikota , penilaian dilakukan berdasarkan adanya anggaran untuk pendampingan implementasi KPB, pembentukan Tim Implementasi Kabupaten, adanya KPB Center dan prosentase jumlah keanggotaan KPB. 

Dalam rapat tersebut juga dibahas bahwa penilaian akan dilakukan di bulan Oktober, dan pelaksanaan KPB Award akan direncanakan di bulan Desember 2022.

Baca Juga:   PEMKOT AKAN GELAR PASAR MURAH SELAMA BULAN RAMADHAN

“Tujuan diadakan KPB Award adalah Optimalisasi implementasi Program Kartu 

Petani Berjaya melalui pemberian apresiasi / Reward / Support kepada 

Petani/Kelompok Tani, Penyuluh, Kabupaten/Kota, Perangkat Daerah dan Stakehoder pendukung lainnya, ” Kata Kusnardi. 

Dalam rapat juga diungkapkan progress Implementasi Kartu Petani Berjaya sampai dengan 7 Agustus 2022 adalah Transaksi penebusan pupuk bersubsidi; Rp. 10,4 Milyar; 

Realisasi penyaluran KUR melalui Program KPB sebesar Rp 230 Milyar kepada 6.717 Debitur; Realisasi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) 4.896 Ha.

Selanjutnya Asuransi Usaha Tani Sapi/Kerbau; 2.500 ekor Asuransi Petani Lansia; 1.176 Petani; Asuransi BPJS Ketenagakerjaan 1000 pekebun; Asuransi Nelayan Berjaya 1.150 orang; dan Pemberian Beasiswa bagi 100 Mahasiswa Universitas Lampung (Unila), 122 Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dan 186 Mahasiswa Univeritas Bandar Lampung  (UBL).

Baca Juga:   Suhardi Syamsi : " Masyarakat Tak Pakai Masker, Akan Diberi Sanksi Membaca Pancasila"

Hadir dalam rapat tersebut, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kominfo dan Statistik, Dinas Perkebunan, Biro Perekonomian, BAPPEDA, Dinas Kehutanan, Dinas PMDes dan Transmigrasi, Dinas KPTPH. (Din/AA)

 562 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan