Penting Banget, 5 Tips Masak dari Chef Profesional Dunia

Penting Banget, 5 Tips Masak dari Chef Profesional Dunia

LAMPUNG SEGALOW (26/2) –  Memasak menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi para ibu. Menyediakan makanan yang lezat, sehat dan bergizi bagi anggota keluarga adalah hal yang membuat banyak wanita merasa bersemangat.

Namun, kegiatan memasak bisa menjadi hal yang menyebalkan, terutama ketika hasil masakan yang dibuat tidak sesuai keinginan. Entah karena gosong, sayuran tidak segar hingga daging yang dimasak kering.

Jangan khawatir, beberapa chef profesional memberikan beberapa tips dan trik dalam menyiapkan makanan lezat, mudah dan efisien. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa diterapkan di rumah, seperti dilansir dari laman Insider, Senin, 25 Februari 2019.

Ilustrasi memasak.

1. Periksa kesegaran rempah-rempah

Menyimpan bermacam-macam rempah di dapur Anda bisa berguna, tetapi penting untuk mengetahui kapan harus mengganti rempah-rempah itu. Meskipun rempah-rempah terbilang bisa disimpan sangat lama, namun jika terlalu lama juga bisa berdampak pada masakan. Misalnya, rasa dan aroma rempah tidak lagi terasa.

Beberapa tanda rempah-rempah Anda kurang segar antara lain warnanya memudar atau aromanya hanya samar-samar.

Baca Juga:   Asus Peringkat Satu Merek Laptop di Indonesia

Chef Kelly Fields dari Willa Jean di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat mengatakan, salah satu tips memasak paling mendasar yang bisa Anda ikuti adalah menjaga rempah-rempah tetap segar dan berasal dari sumber yang baik.

“Ini benar-benar menciptakan kekuatan rasa ketika Anda berusaha untuk secara sengaja mencari rempah terbaik yang tersedia,” katanya.

2. Memasak daging yang baik

Jika Anda ingin memasak daging dengan tingkat kematangan yang merata, Anda mungkin ingin menggunakan kompor dan oven.

“Selesaikan memasak daging di oven setelah mulai di atas kompor. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tekstur sedikit gosong yang bagus pada daging atau unggas. Kemudian masak dengan suhu yang tepat di dalam oven,” ucap Candace Conley, chef profesional di The Girl Can Cook, Oklahama, AS.

3. Kunci membuat daging steak yang juicy

Chef Ashley Eddie dari Santina di New York City, AS menyarankan Anda untuk memastikan bahwa daging berada pada suhu ruangan sebelum dimasak. Ini memungkinkan lemak dalam daging menjadi rileks, yang dapat membantu steak menjadi lezat dan juicy.

Setelah matang, pastikan untuk memberi steak waktu untuk beristirahat sebelum mengirisnya.

Baca Juga:   Taufan Dirgantoro Cek Jalur Mudik

“Itu berarti memasaknya tepat di bawah suhu yang Anda inginkan, lalu membiarkannya dingin pada suhu ruangan untuk memungkinkan semuanya meresap,” ujar Seamus Rozycki, chefeksekutif di Geist di Nashville, Tennessee, AS.

“Saya akan merekomendasikan membiarkan steak setidaknya selama lima menit hingga 10 hingga 15 menit,” tambahnya.

4. Hangatkan piring Anda sebelum menyajikan makanan di atasnya untuk pengalaman bersantap seperti di restoran

“Jaga agar piring Anda hangat dengan oven sebelum dipakai untuk menyajikan makanan, untuk menjaga makanan tetap hangat,” kata Chef Judy Joo dari Jinjuu di London, Inggris.

Anda bisa menghangatkan setumpuk piring pada suhu rendah di dalam oven selama tidak lebih dari 15 menit. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan khusus oven saat mengeluarkan piring dari oven. Pastikan pula bahwa piring yang Anda gunakan aman dipakai untuk memasak menggunakan oven.

Baca Juga:   APA YANG TERJADI PADA KULIT SAAT WANITA MENOPAUSE?

5. Simpan sisa sayuran Anda untuk persediaan

Orang sering membuang sisa sayuran yang tidak terpakai ke tempat sampah. Tetapi sebagian besar chef tahu bahwa potongan-potongan yang dibuang ini sebenarnya layak untuk disimpan.
Chef Eksekutif di Barleymash dan The Smoking Gun di San Diego, California, AS, Kevin Templeton mengatakan bahwa potongan sayuran bisa dijadikan kaldu sayuran.

“Bawang sisa, wortel, ujung seledri dan daun, dan batang peterseli, semuanya bisa dijadikan kaldu yang enak. Aku juga suka menggunakan dasar kembang kol dan brokoli,” kata dia.

Untuk membuat kaldu sayuran, Anda bisa merebus sayuran-sayuran sisa selama 45 menit dan saring. Kaldu sayuran bisa digunakan saat membuat sup dan saus. (LS/RF)

 

 629 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan