Peresmian Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung Pecahkan Rekor Muri

Peresmian Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung Pecahkan Rekor Muri

MESUJI, LAMPUN SEGALOW (15/11) – Gladi resik peresmian ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang- Kayu Agung, sepanjang 189 Km KM 240 masih berlangsung. beberapa pejabat Kementerian dan Hutama Karya serta Pejabat Pemprov terlihat di lokasi.

Danang Parikesit Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), juga terlihat meninjau persiapan peresmian jalan tol tersebut.

Sementara itu,peresmian ini akan memecahkan rekor Muri oleh Yusuf Ngadri, sebagai pembangunan ruas jalan tol terpanjang, dana akan diterima langsung oleh Dirut Hutama Karya, Bintang Perbowo.

Baca Juga:   Pemprov Ajak Gebu Minang Bangun Lampung

Danang mengatakan akhir tahun ini ruas tol akan tembus hingga Palembang dengan ruas tol yang dibangun oleh Waskita Karya hingga Jakabaring.

“Selanjutnya tarif belum ada, karena mekanisme promosi yang mengharuskan masyarakat merasakan manfaat jaringan jalan tol. Kalau dalam aturannya adalah 900 rupiah per Km untuk kendaraan golongan 1 atau pribadi. Sehjngga sepanjang 189 Km adalah Rp. 170.500, dan ini jauh lebih murah dari pada tol baru yang ada di Jawa,” tuturnya kepada awak media.

Selanjutnya, mengenai berbagai gangguan yang terjadi di sepanjang jalan tol mulai dari pemalakan, vandalisme, dan rawan kecelakaan, Danang mengatakan pihakanya menyerahkan kepada pihak berwenang untuk mengatasinya. Serta kepada pengemudi untuk memeriksa keamanan kendaraan sebelum berangkat.

Baca Juga:   Herman HN Hadiri RAT KPRI Betik Gawi

 

Danang juga mengatakan pihak HK untuk dapat menyelesaikan rest area secepatnya. Mengingat jalan tol ini merupakan yang terpanjang di Indonesia serta ruasnya belum begitu dikenali. Selain itu Ia juga meminta untuk disediakan bengkel.

Terpisah, Bintang Perbowo mengatakan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung telah siap beroperasi mulai pukul 06.00 Wib besok.

Baca Juga:   Herman HN Bantah Terkait Penghentian Fly Over

Diketahui, investasi jalan tol ini senilai Rp21.95 triliun. Dengan panjang JTTS koridor utama 2.046 Km, koridor pendukung 928 Km dan total 2.974 Km.

Status pengoperasian, operasi 280 Km terdiri dari 5 ruas. Konstruksi 493 Km terdiri dari 6 ruas, persiapan konstruksi 612 Km terdiri dari 5 ruas, dan rencana 1400 Km 11 ruas. (ve/rf)

 1,454 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan