Riset: Death Metal Justru Picu Kebahagiaan, Bukan Kekerasan

Riset: Death Metal Justru Picu Kebahagiaan, Bukan Kekerasan

LAMPUNG SEGALOW (18/3) – Mungkin bagi beberapa orang, aliran musik death metal dikaitkan dengan kekerasan, kesedihan, serta segala hal yang bernuansa gelap dan muram. Tapi menurut penelitian, death metal justru memicu kebahagiaan, lho. Kok, bisa?

Yap, hasil penelitian ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh Profesor Bill Thompson dari Macquarie University. Selama 10 tahun, Thompson mempelajari efek berbagai aliran musik terhadap emosi seseorang.

Baca Juga:   BUDAYA MENABUNG SimPel JADIKAN GENERASI MUDA MELEK KEUANGAN DAN TINGKATKAN PEREKONOMIAN

Ia dan rekannya mengumpulkan 80 orang yang terdiri dari 32 penggemar death metal, dan 48 orang yang enggak mendengarkan genre musik tersebut.

Thompson lalu meminta mereka mendengarkan musik death metal –lagu yang diputar adalah x27;Eatenx27; dari Bloodbath– atau pop –x27;Happyx27; dari Pharrel Williams–, sambil memperlihatkan gambar-gambar yang mengandung kekerasan.

Metode yang diterapkan Thompson ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana otak merespons gambar kekerasan ketika genre musik yang berbeda sedang diputar.

Baca Juga:   7 MAKANAN TINGGI VITAMIN B6 TINGKATKAN IMUNITAS TERHADAP OMICRON

Hasilnya, penggemar pop dan metal menunjukkan reaksi yang sama. Ini membuktikan bahwa sebenarnya penggemar death metal enggak terpengaruh dengan kekerasan. Justru mereka menunjukkan perasaan bahagia dan bersemangat.

“Kalau penggemar death metal enggak sensitif dengan kekerasan, seperti yang selama ini dikhawatirkan oleh para orang tua, dan kelompok religius, maka mereka enggak akan menunjukkan respons yang sama. Tapi ketika ditunjukkan gambar-gambar kekerasan ini, mereka justru memberikan respons yang sama seperti orang-orang yang enggak suka sama genre musik ini,” kata Thompson, dilansir NME.

“Menurutku, mendengarkan musik death metal dan mengubahnya menjadi pengalaman yang menyenangkan adalah hal yang luar biasa,” tambah dia.

Baca Juga:   Makanan dan Minuman Ini Membantu Agar Rambut Bayi Terlahir Lebat

(LS/RF) 

 640 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan