Ryamizard Minta 62 Marga Jaga NKRI

Ryamizard Minta 62 Marga Jaga NKRI

BANDARLAMPUNG, LAMPUNG SEGALOW – Menteri Pertahanan (Menhan) Jend TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu meminta masyarakat Lampung menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui adat 62 marga di Lampung.

“Kesempatan ini adalah landasan untuk kita membentuk kesatuan berwarganegaraan yang beradap. Melalui forum silahturahmi ini kita bisa membangunnya sesama Adat Lampung,” kata Menhan, dalam Silahturahmi Masyarakat Adat 62 Marga, di Ballroom Bukit Randu, Bandarlampung, Kamis (20/12).

Baca Juga:   Arinal Djunaidi Hadiri Hut Ke- 28 Lampung Barat

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat ini, mengatakan kebersamaan adat adalah bentuk kerukunan yang berkontribusi terhadap pemerintah pusat dalam membangun masyarakat bersatu. Hal itu sudah tertuang dalam idologi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Semua kita tetap satu meskipun ada 62 kebudayaan, tetapi memiliki satu tujuan untuk membangun ketahanan negara,” tambahnya.

Ryamizard yang juga merupakan pemangku adat Marga Bahuga ini juga menjelaskan, bangsa yang beradab karena memiliki kesatuan adat istiadat.

Baca Juga:   Terkait Penerimaan Fee Proyek, Ketua DPRD Provinsi Lampung: Itu Bertentangan dengan Hukum

Untuk itu, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Adat Lampung (Yapemal) harus berperan aktif untuk menjaga keseimbangan hidup dengan kerukunan.

“Saya berharap kepada penyimbang adat untuk mengutamakan silahturahim kepada sesama,” tukasnya.

Selain itu, masyarakat Lampung juga bisa menciptakan kerukunan dengan bersama mengelola tanah ulayat.

“Tanah ulayat, adat, dan buay, harus dijaga oleh masyarakat karena difasilitasi pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 Tahun 1999,” tukasnya.(fa/rf)

 758 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan