SEJARAH HARI PERS NASIONAL DI INDONESIA

SEJARAH HARI PERS NASIONAL DI INDONESIA

LAMPUNGSEGALOW.CO.IDHari Pers Nasional (HPN) diperingati pada tanggal 9 Februari setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI). HPN ditetapkan berdasarkan Keppres No. 5 Tahun 1985 oleh Presiden Soeharto.

Hari Pers Nasional memiliki sejarah yang erat hubungannya dengan sejarah pers nasional, yakni yang dengan berdirinya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Berikut ini ulasan lengkap sejarah Hari Pers Nasional hingga diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Hari Pers Nasional Berawal dari Sejarah Pers Nasional

Sejarah Hari Pers Nasional berawal dari sejarah pers nasional sejak masa pergerakan menuju kemerdekaan. Melansir situs PWI, kala itu wartawan memiliki dua peran sekaligus dalam rangka mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Pertama, wartawan sebagai aktivis pers yang melaksanakan tugas-tugas pemberitaan dan penerangan demi membangkitkan kesadaran nasional. Kedua, wartawan sebagai sebagai aktivis politik yang melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan membangun perlawanan rakyat terhadap penjajahan.

Sejarah Pers Nasional di Awal Kemerdekaan RI

Baca Juga:   Timnas U-22, Sejarah Asia Tercipta di Tengah Prahara

Setelah masa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, wartawan Indonesia masih melakukan peran ganda mereka sebagai aktivis pers sekaligus aktivis politik. Di masa kemerdekaan Indonesia, kedudukan dan peranan wartawan khususnya, dan pers pada umumnya, mempunyai arti strategik sendiri dalam upaya lanjutan demi mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Sejarah Lahirnya PWI Awal Mula Hari Pers Nasional

Peran serta perjuangan wartawan dan pers Indonesia kemudian memperoleh wadah dan media dalam lingkup nasional dengan berdirinya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tanggal 9 Februari 1946. Dari sinilah awal mula sejarah Hari Pers Nasional diperingati.

Dengan berdirinya PWI, wartawan Indonesia menjadi semakin teguh dalam menampilkan perannya sebagai ujung tombak perjuangan nasional menentang kembalinya penjajahan dan dalam menggagalkan negara-negara yang hendak menjatuhkan Indonesia.

Hari Pers Nasional Dicetuskan di Kongres PWI ke-28

Melansir situs Indonesia Baik, sejarah ditetapkannya Hari Pers Nasional dibahas dalam dan menjadi salah satu dari hasil Kongres PWI ke-28 di Padang pada tahun 1978. Dalam kongres itu, isu tentang Hari Pers Nasional tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati kehadiran dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional.

Baca Juga:   E-Cash Bikin Kamu Boros? Atasi dengan Cara Ini

Salah satu tokoh perintis pers nasional adalah Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo (Blora, 1880-1918). Namanya kini dikenal sebagai Bapak Perintis Jurnalistik Nasional atas jasanya sebagai perintis jurnalistik nasional.

Sejarah Hari Pers Nasional Diperingati Setiap 9 Februari

Tujuh tahun kemudian, barulah tanggal 9 Februari yang merupakan hari lahirnya organisasi PWI ditetapkan secara resmi sebagai peringatan Hari Pers Nasional di masa pemerintahan orde baru. Hal ini mengingat sejarah peran serta jasa perjuangan per nasional untuk Indonesia.

Secara resmi, sejarah Hari Pers Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 1985 oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985. Keppres tersebut menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Baca Juga:   Polda Musnahkan Narkotika Bertepatan Hari Pahlawan

Hingga kini setiap pada tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional yakni peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI). Oleh dewan pers, peringatan Hari Pers Nasional setiap tahunnya diselenggarakan secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia.

Peringatan Hari Pers Nasional 2023 dan HUT PWI ke-77

Dalam rangka memperingati sejarah Hari Pers Nasional, tahun ini peringatan Hari Pers Nasional 2023 diselenggarakan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Melansir situs resminya, HPN Sumatera Utara mengusung Tema Hari Pers Nasional 2023 adalah ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat’.

Peringatan Hari Pers Nasional 2023 di Medan, Sumatera Utara, akan diselenggarakan dengan berbagai kegiatan yang digelar pada tanggal 7-12 Februari 2023. Dengan acara puncak peringatan Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari 2023. (Ist/TSF/AA)

 1,147 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan