Sepinya Kampung Cina Menjelang Imlek

Sepinya Kampung Cina Menjelang Imlek

LAMPUNG SEGALOW (4/2) – “Ini kuburan Cina, bukan ikonnya Kota Wisata lagi” Joko mengeluhkan hal itu ketika ditemui Katadata.co.id Senin kemarin. Pria 57 tahun itu seorang pedagang sendal di Kampung Cina, Kota Wisata Cibubur, Cilengsi Jawa Barat. Sebab, dua pekan menjelang perayaan Imlek 2019, tempat ini masih sepi pengunjung.

Tak hanya lengang pembeli, hari demi hari, para penjaja di sana juga makin menyusut. Saat ini, Kampung Cina tak seramai lagi seperti awal-awal berdiri pada 2002. Dari 216 kios, tinggal puluhan kios yang masih bertahan. Bahkan, di pusat perbelanjaan pernak-pernik asal Tiongkok ini, tak dijumpai pedagang dodol Cina untuk menyambut Imlek.

Baca Juga:   Ridho Muluskan 85% Jalan Lampung

Joko ingat benar dengan situasi 2002. Saat itu, para pejalan kaki di area ini saja susah melangkah. “Sekarang mah kami “banting barang” terus buat bayar kios,” ujarnya seraya menambahkan beratnya untuk membiayai sewa kios Rp 10 juta per tahun. “Kalau kami cuma berharap di hari Imlek saja, tidak cukup.”

Dia menaksir, penyebab sepinya Kampung Cina didatangi pengunjung lantaran tempat wisata berupa danau yang jadi unggulan tidak beroperasi. Hal ini lantaran patung-patung dan jembatannya rusak. (LS/RF)

Baca Juga:   Pesona Keunikan Suku Dunia Hadir di Jember Fashion Carnival 2019

 

 

 580 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan