Waspada, Pelaku Ganjal ATM Marak di Jakarta Selatan

Waspada, Pelaku Ganjal ATM Marak di Jakarta Selatan

LAMPUNG SEGALOW (14/3) – Sebanyak empat orang pelaku ganjal ATM yang kerap beraksi di wilayah Jakarta Selatan diciduk polisi. Keempatnya adalah ND (34), HS (40), MI (40), dan JR (30).

Meski memakai modus lama, namun aksi mereka tetap meresahkan warga karena sudah belasan kali mereka beraksi dan selalu mulus. Biasanya sasaran mereka adalah mesin ATM di minimarket.

“Pelaku beraksi di mesin ATM sebuah minimarket pinggiran jalan. Mereka ditangkap di Tangerang dan Karawang,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu 13 Maret 2019.

Keempat pelaku membagi-bagi perannya saat beraksi. Ada yang bertugas mengantre di belakang calon korbannya yang akan menggunakan mesin ATM. Dia yang berpura-pura membantu saat korban mengalami masalah pada ATM miliknya.

Baca Juga:   Akulaku Curhat soal Nasabah Nakal: Lama-lama Rugi Kita

Ada juga yang bertugas memasukkan tusuk gigi ke mesin ATM agar saat korban bertransaksi, kartu ATM-nya tersangkut. Kemudian ada yang bertugas menukarkan kartu ATM milik korban dengan kartu ATM palsu yang sudah dipersiapkan.

Lalu ada yang mengalihkan perhatian orang-orang di sekitar lokasi, khususnya penjaga minimarket. Dia pura-pura membeli agar penjaga minimarket tak curiga.

Baca Juga:   Dua Maskapai Kurangi Frekuensi Penerbangan Jember-Surabaya

“Siapapun yang ada di seputaran lokasi pada saat sedang beraksi dia akan berusaha mengalihkan. Ada juga yang bertugas melihat PIN milik korban saat korban berusaha mengeluarkan kartu ATM miliknya itu. Setelah berhasil, pelaku pergi dan menguras isi ATM korban di tempat lainnya,” ujar dia.

Namun, kini aksi keempatnya harus terhenti. Akibat perbuatannya itu, para pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman lima tahun penjara. (mus) (LS/RF)

Baca Juga:   Pemkab Lamsel Ikuti Rapat Persiapan Penerapan Pembatasan Selama Nataru

 

 586 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tags: , , , , , , , , , ,
banner 468x60

No Responses

Tinggalkan Balasan